RPP Tematik Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020: Download Gratis dan Mudah
Download RPP Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah dokumen yang disusun oleh guru sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. RPP harus disesuaikan dengan silabus dan kurikulum yang berlaku di sekolah. Salah satu kurikulum yang digunakan di Indonesia adalah Kurikulum 2013 atau K13.
Kurikulum 2013 mengalami beberapa revisi sejak pertama kali diterapkan pada tahun ajaran 2014/2015. Revisi terbaru adalah revisi tahun 2020 yang berdasarkan pada Surat Edaran Mendikbud No.14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
download rpp kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2020
Surat edaran ini mengatur bahwa RPP yang sebelumnya terdiri dari banyak halaman dan komponen kini disederhanakan menjadi satu lembar saja dengan tiga komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian (assesmen).
Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara download dan menyusun RPP kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revis 2020. Kami juga akan memberikan beberapa tips dan contoh RPP yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari dan membuat RPP kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2020.
Download RPP K13 Kelas 5 Semester 2 Revisi 2020 Lengkap
RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2020 Tema 6 Kalor dan Perpindahannya
RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan
RPP SD Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tahun Pelajaran
RPP Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
RPP Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Download Gratis RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Tahun Ajaran
RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Format Penyederhanaan Satu Lembar
RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Sesuai Surat Edaran Pemendikbud No.14 Tahun 2019
RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Berorientasi Pada Peserta Didik
Download Silabus dan RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Lengkap
Download Program Tahunan dan Program Semester Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi
Download Jadwal Pelajaran dan Kalender Pendidikan Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi
Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Edisi Terbaru
Download Soal Evaluasi dan Tugas Harian Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi
Contoh RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Tujuan Pembelajaran
Contoh RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Langkah-Langkah Pembelajaran
Contoh RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Penilaian (Assesmen)
Cara Membuat RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Efektif dan Efisien
Cara Mengunduh RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Gratis dan Mudah
Download Perangkat Pembelajaran (RPP) Kelas 5 Tahun Pelajaran Terbaru
Download Administrasi Guru Kelas 5 Sesuai Kurikulum Edisi Revisi Lengkap
Download KI dan KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Kurikulum Revisi
Download KI dan KD PPKn Kelas 5 Kurikulum Revisi Terbaru
Download KI dan KD Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Revisi Lengkap
Download KI dan KD Matematika Kelas 5 Kurikulum Revisi Terbaru
Download KI dan KD Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 Kurikulum Revisi Lengkap
Download KI dan KD Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 5 Kurikulum Revisi Terbaru
Download KI dan KD Seni Budaya dan Prakarya Kelas 5 Kurikulum Revisi Lengkap
Download KI dan KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas 5 Kurikulum Revisi Lengkap
Download Silabus Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas 5 Semester Ganjil Kurikulum Revisi
Download Silabus Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas 5 Semester Ganjil Kurikulum Revisi
Download Silabus Tema Makanan Sehat Kelas 5 Semester Ganjil Kurikulum Revisi
Download Silabus Tema Sehat Itu Penting Kelas 5 Semester Ganjil Kurikulum Revisi
Download Silabus Tema Ekosistem Kelas 5 Semester Ganjil Kurikulum Revisi
Download
Penyederhanaan RPP Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Sebelum kita membahas tentang cara download dan menyusun RPP kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2020, ada baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu penyederhanaan RPP dan mengapa hal ini dilakukan oleh Kemendikbud.
Penyederhanaan RPP adalah proses pengurangan jumlah halaman dan komponen RPP yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran. Penyederhanaan ini didasarkan pada Surat Edaran Mendikbud No.14 Tahun 2019 yang dikeluarkan pada tanggal 30 Desember 2019.
Surat edaran ini menyatakan bahwa penyederhanaan RPP dilakukan dengan prinsip-prinsip sebagai berikut:
Efisiensi: RPP disusun dengan singkat, padat, dan jelas tanpa mengurangi substansi pembelajaran.
Efektivitas: RPP disusun dengan mempertimbangkan hasil belajar yang diharapkan, karakteristik peserta didik, dan kondisi sekolah.
Orientasi peserta didik: RPP disusun dengan mengutamakan kepentingan dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar.
Dengan demikian, penyederhanaan RPP diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, antara lain:
Mempercepat proses penyusunan RPP sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan media, sumber belajar, dan bahan ajar.
Meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga guru dapat lebih fokus pada proses dan hasil belajar peserta didik.
Mengurangi beban administrasi sehingga guru dapat lebih leluasa dalam berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran.
Format Penyusunan RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Setelah mengetahui apa itu penyederhanaan RPP dan manfaatnya, sekarang kita akan membahas tentang format penyusunan RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2020. Format ini berlaku untuk semua mata pelajaran dan tema yang ada di kelas 5 semester 2.
Format penyusunan RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2020 terdiri dari tiga komponen inti, yaitu:
Tujuan pembelajaran
Langkah-langkah pembelajaran
Penilaian (assesmen)
Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang masing-masing komponen tersebut:
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus disusun berdasarkan kurikulum 2013 dan kebutuhan peserta didik.
Tujuan pembelajaran harus selaras dengan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang ada di silabus. KI adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam aspek sikap, pengetahuan, keterampilan, dan literasi. KD adalah rincian dari KI yang menjadi acuan dalam menyusun IPK. IPK adalah ukuran yang digunakan untuk menilai pencapaian KD oleh peserta didik.
Tujuan pembelajaran harus ditulis dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur. Kata kerja operasional harus sesuai dengan ranah kognitif, afektif, atau psikomotorik yang ingin dicapai. Contoh kata kerja operasional adalah mengidentifikasi, menjelaskan, menyelesaikan, menyajikan, mengevaluasi, dll.
Tujuan pembelajaran harus ditulis dalam bentuk kalimat sederhana dan jelas yang mudah dipahami oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran harus mencakup semua KD dan IPK yang relevan dengan materi pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus ditulis dalam jumlah yang sesuai dengan alokasi waktu dan tingkat kesulitan pembelajaran.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran harus disusun berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).
Langkah-langkah pembelajaran harus menggunakan pendekatan saintifik dan integrasi tematik yang sesuai dengan kurikulum 2013. Pendekatan saintifik adalah pendekatan yang mengajak peserta didik untuk melakukan lima tahapan kegiatan belajar, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan menyajikan. Integrasi tematik adalah penggabungan beberapa mata pelajaran dalam satu tema pembelajaran yang relevan dengan kehidupan nyata peserta didik.
Langkah-langkah pembelajaran harus ditulis dengan detail dan jelas sehingga dapat memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam setiap tahapan. Langkah-langkah pembelajaran harus mencantumkan metode, strategi, teknik, media, sumber belajar, dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan kondisi sekolah.
Penilaian (Assesmen)
Penilaian (assesmen) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi tentang pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian (assesmen) harus disusun berdasarkan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Penilaian (assesmen) harus menggunakan berbagai jenis penilaian yang sesuai dengan ranah kompetensi yang dinilai. Jenis penilaian yang dapat digunakan antara lain adalah penilaian formatif, penilaian sumatif, penilaian autentik, dan penilaian portofolio. Penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan secara berkelanjutan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan guru. Penilaian sumatif adalah penilaian yang dilakukan pada akhir suatu periode untuk menentukan pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan dengan menggunakan tugas-tugas yang sesuai dengan konteks kehidupan nyata peserta didik. Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan d